Apa itu Profit Loss, Trial Balance, dan Balance Sheet dalam Accounting? Dan apa manfaat accounting dalam Odoo?
6 November, 2022 by
Cindy Keysha Rahmah
| No comments yet
 

Pada setiap perusahaan atau bisnis, penting untuk mengelola laporan-laporan untuk mengetahui kondisi keuangan yang diperoleh oleh perusahaan dalam periode periode tertentu. Modul accounting sendiri di dalam Odoo sangat berguna untuk mengelola laporan keuangan perusahaan secara sederhana dan efisien. Tidak hanya itu, data-data nya juga diambil secara realtime karena modul-modul di dalam Odoo terintegrasi antara satu sama lain sehingga dapat meminimalisir adanya kemungkinan kesalahan-kesalahan dalam laporan keuangan yang ada. 

Di dalam accounting odoo, kita dapat mengetahui laporan seperti customer invoices, vendor bills, asset management, budget management, bank statements, journal entries, financial reporting, dan sebagainya. Financial Reporting di dalam Odoo sendiri terdiri dari Profit Loss, Balance Sheet, dan Trial Balance.

Profit Loss merupakan laporan laba-rugi yang dialami oleh perusahaan. Dengan adanya laporan laba rugi ini akan mengukur performa dan membantu suatu perusahaan untuk dapat menentukan langkah apa yang harus dilakukan selanjutnya. Misal jika perusahaan memiliki persentase rugi yang lebih tinggi dibandingkan dengan laba yang dihasilkan, maka perusahaan dapat mengurangi anggaran pengeluaran di periode berikutnya dan sebaliknya.

Sedangkan Balance Sheet dan Trial Balance adalah bagian dari financial reports yang berisi laporan terkait aset, kewajiban (hutang) yang wajib dibayarkan oleh perusahaan, dan modal pada periode-periode tertentu. Perbedaan antara balance sheet dan trial balance, yaitu pada balance sheet, hanya berisi total akun bukan masing-masing akun transaksi yang terpisah sedangkan trial balance berisi semua akun-akun transaksi yang ada. 

Untuk konfigurasi financial reporting,

Klik modul Accounting -> Reporting -> pilih laporan yang akan di cetak


Selanjutnya kita dapat mem-filter berdasarkan periode (quarter, monthly, atau yearly) dan journal journal yang akan di unduh ke dalam file



Odoo menyediakan file unduhan dalam bentuk pdf dan excel, klik salah satu untuk mengunduh file tersebut

Jika kita memilih xlsx, maka file yang diunduh akan seperti ini


Sedangkan file yang tersimpan didalam PDF akan seperti ini






Cindy Keysha Rahmah 6 November, 2022
Share this post
Tags
Archive
Sign in to leave a comment