Kustomisasi dan Integrasi ERP
31 May, 2024 by
Kustomisasi dan Integrasi ERP
Ema Kharisma
| No comments yet

Kustomisasi dan integrasi ERP (Enterprise Resource Planning) adalah dua konsep penting dalam implementasi sistem ERP dalam sebuah organisasi. Oleh karena hal itu dalam bahasan kita kali ini, kami akan coba menjabarkan poin-poin penting yang harus diketahui ketika kita akan membangun sebuah software ERP.

1. Kustomisasi ERP:
Kustomisasi adalah proses penyesuaian perangkat lunak ERP agar sesuai dengan kebutuhan dan proses bisnis spesifik dari suatu organisasi. Dengan tujuan untuk memastikan bahwa sistem ERP mendukung dan meningkatkan efisiensi operasi bisnis yang unik bagi perusahaan.
Contoh: Mengubah alur kerja, menambahkan modul atau fitur tertentu, dan mengubah antarmuka pengguna.


2. Integrasi ERP:
Integrasi adalah proses menghubungkan sistem ERP dengan sistem lain yang digunakan oleh organisasi, seperti CRM (Customer Relationship Management), SCM (Supply Chain Management), atau sistem keuangan lainnya. Ini bertujuan untuk memastikan data dapat mengalir dengan lancar antar sistem yang berbeda dan mengurangi duplikasi data serta kesalahan.
• Contoh: Menghubungkan ERP dengan sistem e-commerce untuk mengelola inventaris dan pemesanan secara real-time, atau integrasi dengan perangkat lunak HR untuk sinkronisasi data karyawan.

Kedua aspek ini penting untuk memastikan bahwa sistem ERP tidak hanya sesuai dengan kebutuhan bisnis tetapi juga terhubung dengan baik dengan sistem lain yang digunakan dalam organisasi, sehingga menghasilkan operasional yang lebih efisien dan terkoordinasi.

Alphasoft merupakan perusahaan software ERP yang mempunyai pengalaman lebih dari 12 tahun dibidangnya, siap memberikan layanan konsultasi secara *GRATIS kepada Anda yang sedang mencari software ERP untuk bisnis Anda.

*syarat&ketentuan berlaku

Kustomisasi dan Integrasi ERP
Ema Kharisma 31 May, 2024
Share this post
Archive
Sign in to leave a comment