odoo Accounting
10 Desember, 2022 oleh
Administrator
| No comments yet

Profit and Loss (Laporan Laba Rugi)

Laporan Profit and Loss (Laporan Laba Rugi) menunjukkan performa perusahaan dalam periode waktu tertentu (biasanya tahun ini)
  • Gross Profit sama dengan revenue dari sales dikurangi dengan COGS (cost of goods sold)
  • Operating Expenses (OPEX) merupakan biaya-biaya yang timbul seperti biaya administrasi, biaya gaji karyawan, biaya sewa, biaya asuransi dan biaya-biaya lain.


Balance Sheet (Neraca)

Balance Sheet (Neraca) memberikan gambaran keadaan perusahaan dalam periode waktu tertentu.
  • Asset menggambarkan nilai asset yang dimiliki perusahaan seperti Fixed Asset yang terdiri dari gedung dan kantor, Current Asset seperti Bank dan Cash. Piutang customer.
  • Liabilities hutang perusahaan yang harus dibayarkan seperti vendor bills)
  • Equity merupakan dana yang dimiliki oleh owners (founder atau shareholders) plus retained earnings (laba ditahan) tahun sebelumnya. Setiap tahun, net profit (atau loss) di laporkan sebagai retained earnings

Profit & Loss

Revenue
        Revenue
Less Costs of Revenue
        Cost of Good Sold    

GROSS PROFIT
Less Operating Expenses
        R&D
        Sales, General & administrative


OPERATING INCOME OR LOSS
Plus Other Income
        Foreign Exchange Gains
        Asset write-downs
Less Other Expenses
        Interest on debt
        Depreciation


NET PROFIT
    

Balance Sheet

Current Assets
        Cash & Bank Accounts
        Accounts Receivable
        Deferred Tax Assets
Plus Non-current Assets
        Land & Buildings
        Intangible Assets
TOTAL ASSETS

Less Current Liabilities
        Account Paybale
        Deferred Revenue
        Deferred Tax Liabilities
Less Non-current liabilities
        Long-term loans
NET ASSETS
Equity
        Common Stock
Plus Retained Earnings
TOTAL EQUITY

Chart of Accounts (Akun Perkiraan)


Chart of Accounts merupakan list akun, terdiri dari akun balance sheet maupun akun profit and loss. Setiap transaksi financial (misal = pembentukan invoice maupun pembayaran invoice) akan melibatkan akun untuk credit dan akun untuk debit.


Journal Entries

Setiap dokumen financial seperti invoice, pembayaran, penambahan modal akan terrecord dalam jurnal entries yang akan melibatkan beberapa akun.
Untuk journal entry harus balanced, jumlah debit harus sama dengan jumlah kredit


Contoh transaksi terbentuk customer invoice (Rp.100.000 + 11% tax exclude)



Administrator 10 Desember, 2022
Share this post
Label
Arsip
Masuk to leave a comment