Apa itu ERP dan apa benefit yang didapatkan oleh perusahaan yang menggunakannya?
12 August, 2022 by
Cindy Keysha Rahmah
| No comments yet
 
Enterprise Resource Planning atau yang biasa kita sebut dengan ERP, adalah sistem software yang membantu dalam aktivitas bisnis suatu perusahaan melalui modul-modul yang terintegrasi di dalam nya. 
Modul-modul tersebut diantaranya, ada Purchasing (pembelian), Inventory (stok gudang), Manufacturing (produksi), Sales (penjualan), CRM (Customer Relationship Management), Accounting, dan sebagainya.
ERP memiliki karakteristik seperti Flexibility yang dalam artian, di dalam ERP ini terdapat banyak sekali modul-modul yang nantinya akan sangat membantu bagi perusahaan. Selanjutnya ada Scalability yang berarti dapat digunakan bagi perusahaan besar maupun kecil karena ERP sendiri easy to customized. 

Benefit ERP bagi perusahaan, yaitu :

  • Meminimalisir Biaya, masih banyak perusahaan yang menggunakan beberapa aplikasi untuk mengelola bisnis di perusahaannya dalam berbagai kebutuhan. Untuk mengurangi pengeluaran yang dikeluarkan perusahaan, sistem ERP dapat mengcovernya hanya dengan satu sistem aplikasi yang terintegrasi.
  • Keakuratan data, dibandingkan dengan data data yang tersimpan dalam aplikasi terpisah, ERP memiliki modul-modul yang terhubung antara satu dengan yang lainnya sehingga tidak perlu takut bahwa data tidak akurat karena data data yang ada didapatkan secara real time.
  • Menjaga efisiensi waktu, dengan adanya sistem ERP, informasi yang dicari ada di dalam database yang terpusat sehingga dapat membuat waktu yang dibutuhkan lebih efisien daripada harus mencari banyak informasi yang terpisah.


Cindy Keysha Rahmah 12 August, 2022
Share this post
Tags
ERP
Archive
Sign in to leave a comment